Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Sang Pemandu - Guide Gunung Merbabu

 Guide Gunung Merbabu

Layanan jasa guide Gunung Merbabu berbeda dengan Porter Gunung Merbabu dengan perbedaan mendasar di bidang pekerjaan dan tarif harga nya
Guide Gunung Merbabu.

Guide atau pemandu adalah orang yang bekerja menemani dalam perjalanan serta memberikan informasi perjalanan serta tujuan  dari sebuah perjalanan. 

Banyak orang membutuhkan  guide saat perjalanan wisata alam seperti pantai hutan dan gunung ataupun tempat sejarah seperti candi dan museum. Guide memiliki keahlian berbeda beda dengan tempat kerja yang berbeda seperti guide diving memiliki keahlian berbeda dengan guide gunung.

Guide Gunung

Guide gunung adalah orang yang  memandu orang lain dalam sebuah pendakian, guide gunung berbekal sebuah keahlian sehingga menjadi pekerjaan profesional.

Ada beberapa syarat keahlian yang wajib  di miliki  seseorang untuk bekerja sebagai guide gunung diantaranya

  • Sehat.
  • Menguasai ilmu pendakian.
  • Mengenal medan pendakian.
  • Komunikasi yang baik.
  • Kompeten dalam hal pendukung lainya seperti navigasi dan dokumentasi.
Kesimpulan dari 4 poin di atas adalah sebagai berikut :


Sehat

Mendaki gunung adalah kegiatan yang menuntut kondisi fisik yang prima dan mental yang kuat  karena ada kalanya mendaki gunung itu menghabiskan banyak  tenaga serta mental yang di miliki, oleh karena itu guide gunung sangat membutuhkan kesehatan fisik serta ketahanan mental.


Menguasai Ilmu Pendakian

Pekerjaan guide gunung adalah mendampingi dan memandu pendaki yang menggunakan jasanya oleh karena itu guide harus menguasai ilmu Pendakian.
dengan ilmu pendakian guide bisa memberikan Informasi yang tepat serta cara yang pas dalam menyiasati masalah yang terjadi dalam pendakian .


Mengenal Medan Pendakian

Setelah dua poin diatas berikutnya adalah mengenal medan pendakiaan, dengan mengenal medan pendakian dengan baik maka guide bisa memberikan informasi dengan rinci dan baik buat Peserta pendakian,karena informasi yang detail dan rinci mulai dari lama waktu perjalanan, waktu memulai perjalanan, perkiraan sampai tujuan dan cara terbaik melakukan perjalanan. serta beberapa aspek penting lainya


Komunikasi yang Baik

Poin selanjutnya adalah komunikasi yang baik, mengapa komunikasi menjada sarat bagi seorang guide? karena mulai dari perencanaan sampai dengan perjalanan banyak hal yang harus di terima juga disampaikan oleh guide. Sehingga berbekal komunikasi yang baik seorang guide bisa menjembatani keinginan pengguna jasanya, selanjutnya di konversi menjadi kepuasan pengguna jasanya. Selain itu juga guide kami mampu untuk berkomunikasi dengan bahasa inggris.

Guide Gunung Merbabu

Primadona ketinggian begitulah sebagian orang menyebut Gunung Merbabu, ada juga yang menjuluki Gunung Merbabu dengan karpet alam, karena bentangan sabananya yang hijau nan luas. bagaimana tidak Gunung yang di bawah pengelolaan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu ini kian waktu kian banyak peminatnya, dengan view yang begitu indah tentunya sangat wajar bisa menyedot minat wisatawan untuk mengunjunginya. karenanya segala sarana penunjang baik berbentuk sarana prasarana dalam bentuk fisik atau bentuk jasa semakin lama semakin berkembang, baik secara kualitas dan kuantitasnya. Seperhalnya berkembangnya jasa guide Gunung Merbabu.

Seperti beberapa poin yang kami tulis di awal itulah kriteria guide kami yang akan memudahkan perjalanan pendakian Anda di Gunung Merbabu. Baik sebelum, saat pendakian sampai setelah pendakian.

Kemudahan Menggunakan Guide Gunung Merbabu

Berikut beberapa kemudahan Anda saat menggunakan jasa guide Gunung Merbabu

  • Informasi yang terpercaya
  • Membantu Proses perencanaan
  • Membantu registrasi
  • Informasi jalur
  • Informasi waktu tempuh
  • Tenaga cadangan untuk backup barang bawaan
  • Foto dan dokumentasi

Dan berikut penjelasanya :

Akses Informasi yang Akuntable

Informasi adalah hal yang sangat di perlukan untuk bisa di gunakan menjadi acuan perjalanan, oleh karenanya kevalidan informasi menjadi hal yang sangat mendasar.

Proses Perencanaan.

Perencanaan adalah tonggak awal sebelum melakukan pendakian Gunung Merbabu Perencanaan tersebut meliputi informasi peralatan yang di butuhkan, waktu perjalanan yang di perlukan. referensi basecamp pendakian, akses transportsi, penginapan dan lainya. Supaya bisa mengambil opsi terbaik di masing-masing hal tersebut.

Proses Registrasi

Registrasi atau banyak yang menyebut Simaksi adalah dokumen perijinan untuk masuk kawasan Gunung Merbabu. Sebagaimana di ketahui bahwa proses registrasi di gunung merbabu menggunakan media online yang di sediakan oleh taman nasonal Gunung Merbabu. Nantinya jika di perlukan seorang guide Gunung Merbabu akan memmbantu proses registrasi tersebut.

Penjelasan Kontur Track

Saat melakukan pendakian tentunya penjelasan kontur track sangat di perlukan guna mempersiapkan fisik untuk melaluinya.

Penjelasan waktu tempuh

Selain kontur yang ada di jalur pendakian Gunung Merbabu waktu tempuh dari satu pos ke pos lainya juga di perlukan sebagai acuan perjalanan agar efektif

Back up Barang Bawaan

Banyak sekali terjadi satu atau dua pendaki dalam satu rombongan itu mengalami kelelahan, untuk memaksimalkan potensi kesuksesan pendakian seorang juga menjadi tenaga cadangan untuk hal tersebut.

Pengambilan Dokumentasi

Pengambilan gambar dalam bentuk foto atau video di zaman sekarang menjadi hal sangat penting seiring semakkin meningkatnya penggunaan media sosial, di situ Guide Gunung Merbabu Juga bisa berperan penting karena pasti tahu spot dan angle terbaik pengambilan foto dan waktu terbaik dengan komposisi pencahayaanya.

Dan banyak hal yang bisa memudahkan Anda saat di track pendakian Gunung Merbabu

Beberapa hal yang di jelaskan di atas merupakan SDM dasar yang harus di miliki oleh seorang Guide Gunung Merbabu, selain hal tersebut ada juga attitude yang wajib di miiki guide Gunung Merbabu.


Attitude Guide Gunung Merbabu

Beretika baik adalah bagian penting dari pelayanan guide Gunung Merbabu yang di wujudkan dari beberapa sikap berikut ini

  • Ramah tamah
  • Sopan
  • Disiplin
  • Berdedikasi tinggi
  • Bersahabat

Ramah Tamah

Sebuah keharusan agar memberi kenyamanan seorang guide juga di tuntut untuk selalut bersifat ramah kepada pendaki yang di dampinginya, yang tercermin dari gestur tubuh serta intonasi suara saat berbicara.

Sopan

Tidak hanya ramah Attitude baik juga harus di tunjukan oleh seorang guide Gunung Merbabu dengan mengedepankan kesopanan berupa perilaku menghormati.

Disiplin

Salah satu etos kerja guide Gunung Merbabu adalah disiplin yang mana kedisiplinan seorang guide Gunung Merbabu bisa di lihat dari berbagai Aspek seperti disiplin waktu dan disiplin kerja.

Berdedikasi Tinggi

Pekerjaan profesional akan menerima hasil maksimal mana kala di lakukan dengan sepenuh hati dan penuh dedikasi, di mana keberlangsungan pekerjaan ke depanya adalah hal yang sangat di junjung tinggi oleh guide Gunung Merbabu dengan cara memberikan pelayanan yang maksimal kepada pendaki  yang di layaninya.

Bersahabat/Friendly

Bersikap baik dengan pendaki adalah keniscayaan, meski demikian seorang guide Gunung Merbabu juga bersikap bersahabat seperti bercanda, dengan joke joke khas gunungnya, membantu mengulurkan tangan di track yang sulit bahkan membantu membawakan barang di saat pendaki sudah benar-benar memerlukanya.


Guide Gunung Merbabu.

Harga/ Tarif Jasa Guide Gunung Merbabu.

Jasa guide Gunung Merbabu berbeda-beda berikut 4 hal yang mempengaruhi perbedaan harga jasa Guide Gunung Merbabu.
  1. Pada umumnya ada 2 (dua) cara orang mendaki Gunung Merbabu, cara yang pertama dengan melakukan perjalanan 2 hari 1 malam yang hari pertama buat naik lalu malamnya camping dan hari keduanya summit dan turun kembali ke bacecamp.
  2. Cara mendaki Gunung Merbabu yang ke 2 (dua) yaitu naik turun di hari yang sama, atau yang lebih di kenal dengan sebutan Tek Tok (One Day Hike).
  3. Perbedaan kontur dan jarak dari beberapa basecamp resmi pendakian Gunung Merbabu.
  4. Perbedaan peminat pengguna jasa guide Gunung Merbabu yang berdasarkan asal negara, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA).

Harga/Tarif Guide Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Pendakaian 2H1M

Tamu WNIRp. 1.000.000
Tamu WNARp. 1.300.000

Pendakian Tek-Tok.

Tamu WNIRp. 900.000
Tamu WNARp. 1.100.000


Harga/Tarif Guide Pendakian Gunung Merbabu Via Suwanting

Pendakaian 2H1M

Tamu WNIRp. 1.100.000
Tamu WNARp. 1.400.000

Pendakian Tek-Tok.

Tamu WNIRp. 1.000.000
Tamu WNARp. 1.250.000


Harga/Tarif Guide Pendakian Gunung Merbabu Via Thekelan

Pendakaian 2H1M

Tamu WNIRp. 1.100.000
Tamu WNARp. 1.400.000

Pendakian Tek-Tok.

Tamu WNIRp. 1.000.000
Tamu WNARp. 1.250.000


Harga/Tarif Guide Pendakian Gunung Merbabu Via Cuntel

Pendakaian 2H1M

Tamu WNIRp. 1.100.000
Tamu WNARp. 1.400.000

Pendakian Tek-Tok.

Tamu WNIRp. 1.000.000
Tamu WNARp. 1.250.000


Harga/Tarif Guide Pendakian Gunung Merbabu Via Wekas

Pendakaian 2H1M

Tamu WNIRp. 1.000.000
Tamu WNARp. 1.300.000

Pendakian Tek-Tok.

Tamu WNIRp. 900.000
Tamu WNARp. 1.100.000

Demikian penjelasan kami tentang guide Gunung Merbabu.
    
Selain Gunung Merbabu guide dari vendor kami bisa juga mendampingi pendakian Anda ke gunung gunung lain di Jawa Tengah, Seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Kembang, Gunung Prau, Gunung Andong, Gunung Ungaran, Gunung Bismo, Gunung Slamet.


Info & Boking
Nur Rohmat




Posting Komentar

0 Komentar