Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Prau via Dieng: Info Jalur, Estimasi Waktu dan Jasa Porter Guide

Gunung Prau Jalur Dieng



Asal usul Dieng ada yang menyebut dari kata  Edi tur Aeng yang artinya tempat yang tinggi tetapi Indah, dataran tinggi Dieng menawarkan berbagai atraksi wisata yang salah satunya terdapat Pos pendakian gunung Prau.

Basecamp Dieng: Fasilitas dan Jalur Pendakian

Basecamp Dieng berada di desa Dieng (Wetan) Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosbo Jawa Tengah, menjadi opsi Basecamp pendakian Gunung Prau Pos Dieng Menawarkan Jalur yang relatif lebih landai meski memilki jalur yang cuku panjang

Fasilitas

Jika Sobat Mlampah mendaki Prau via Dieng akan mendapai Fasilitas yang tersedia di Sana di antaranya
  • Tempat Registrasi:  Biaya registrasi Rp.35.000
  • Tempat Parkir: Tersedia untuk Roda 2 dengan Tarif 10.000 dan Roda 4 dengan Tarif 25.000
  • Tempat Serba Guna: Tempatnya berupa satu ruangan yang terdapat alas lantai (Karpet) dan sumber listrik untuk mengsisi ulang daya baterai alat elektronik.
  • Kantin/Warung: Kebanyakan dengan menu nasi dengan berbagai lauk, gorengan, kopi, teh dan lain-lain.
  • Tempat Ibadah: Berupa Mushola.
  • Tempat Rental: Untuk pendaki yang membutuhkan peralatan bisa rental
  • Halaman Basecamp: Dengan halaman yang luas bisa untuk Briefing sebelum pendakian dan keperluan lain

Jalur Pendakian

Pendakian melewati bebrapa Pos dengan jarak dan waktu tempuh berikut rincianya :
  • Basecamp: setelah menyelesaikan proses di basecamp seperti registrasi  pendakian di mulai dengan melewati jalur yang masih landai dari  menuju Pos 1 melewati batas vegetasi lahan penduduk dan pintu rimba. dengan durasi tempuh sekitar 45 Menit.
  • Pos 1: Di Pos 1 terdapat space untuk sekedar istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan, menuju Pos 2 dengan melewati medan tanah berundak dengan vegetasi tertutup di antara pohon Cemara. dengan waktu tempuh 1 Jam
  • Pos 2: Pos 2 berupa cukup luas dan datar juga yang merupakan pertemuan antara jalur Dwara wati dan dieng, terdapat tugu batas kabupaten antara wonosobo, Banjar Negara dan Batang. Masih melewati vegetasi yang tertutup dengan tanah berundak, juga track akar cemara yang bernama Akar Cinta. Sebelum pos 3 di jalur yang dekat menara (Tower Pemancar) merupakan jalur landai sekitar 150 Meter. Pos 2 ke Pos 3 waktu tempuh 45 Menit.
  • Pos 3: Bertemunya jalur Kalilembu Dieng dan Dwarawati Berupa tempat yang teduh dan tempat terlindung di bawah pohon Akasia dan Cemara, lalu menuju ke puncak tertinggi Gunung Prau yang berada di ketinggisn 2590 MDPL. dari Pos 3 sekitar 30 menit.
  • Puncak 2590: Di tempat ini Sobat Mlampah bisa menikmati view 2 telaga Dieng Telaga Warna dan Telaga Pengilon juga Kawah Sikidang dan Obyek lainya. Selain itu barisan bukit yang menjulang dari Bukit Teletubis, perjalanan Dilanjutkan menuju Sunrise camp dengan melewati Telaga Wurung dan Padang Lonte Sore, medan Dominan Landai dengan vegetasi terbuka, dengan durasi waktu sekitar 30 Menit
  • Sunrise Camp: Berada di ketingian 2565 MDPL merukan tempat camping terfaforit pendakian Gunung Prau, karena tempat ini menjadi spot terbaik untuk menikmati sunrise di Gunung Prau dengan background Gunung Sindoro, Kembang, Sumbing, Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran.

Untuk mempermudah perencanaan Sobat berikut kami buat perkiraan waktu perjalanan

Estimasi Pendakian Prau via Dieng

HariJamKeterangan
I09.00Sampai Basecamp
10.00Mulai pendakian
10.45Sampai Pos 1
11.45Sampai Pos 2
12.30Sampai Pos 3
13.00Puncak 2590
13.30Sampai Sunrise camp
17.00Hunting Sunset
20.00Istirahat
II05.00Bangun Pagi dan hunting sunrise
07.00Sarapan
08.00Packing
08.30Mulai turun
10.30Sampai Basecamp

Demikian ulasan jalur Gunung Prau via Dieng, untuk informasi kebutuhan jasa porter silakan baca: Porter Gunung Prau


Posting Komentar

0 Komentar