Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Fakta Gunung Merbabu

 

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu dengan ketinggian 3142 Mdpl memiliki banyak sekali pesona untuk para penggemar kegiatan alam. Ayo mendaki dan nikmati

Gunung Merbabu secara Geografis terletak di Kabupaten Boyolali yang memangku sisi Timur dan Selatan, Magelang yang berada di lereng Barat, dan Semarang di sebelah Utaranya. Semuanya berada di Propinsi Jawa Tengah.

Gunung Merbabu adalah gunung api dengan tipe stratovolcano dengan tipe Hutan Gunung (Montane) dan Hutan Gunung Tinggi (Upper Montane) dengan puncak tertingginya 3142 Mdpl. Di bawah pengelololaan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, merupakan gunung dengan minat pendakian yang cukup tinggi. Hal tersebut di sebabkan oleh daya pikat berupa pemandangan yang menakjubkan juga suasana gunung yang menenangkan. 

Daya Tarik, Fakta Menarik dan 5 Basecamp Pendakian

Keindahan Gunung Merbabu

Savana yang membentang adalah daya tarik utama dari Gunung Merbabu sehingga bagi penggemar wisata alam sulit unuk menolaknya. Selain Savana Merbabu juga punya daya tarik lainya, Berikut di antaranya:

  • Udara segar khas gunung yang sangat melegakan pernafasan
  • Fajar Sebelum matahari terbit sudah nampak kilau cahaya di ufuk timur dengan warna kemerahanya
  • Sunrise kilau cahaya keemasan saat matahari terbit yang hanya bisa di nikmati dari tempat tertentu saja termasuk Gunung Merbabu
  • Sunset atau matahari terbenam dengan cahaya redup menenangkan dengan latar pemandangan Gunung Sindoro, Sumbing, Prau dan gunung lain di sisi barat
  • Milky way atau pemandangan bintang di angkasa luas menjadi bonus pemandangan di malam hari.

4 Fakta Menarik Gunung Merbabu

  1. 3 Puncak Utama: Puncak Triangulasi, Kenteng Songo dan Puncak Syarif merupakan tiga puncak utama Merbabu meski demikian tujuan utama pendaki biasanya ke Puncak Kenteng Songo dan Triangulasi, karena letaknya yang berdekatan dan jangkauan perjalanan yang cukup mudah.
  2. 7 Puncak: Istitah Seven Summit sudah sangat familiar baik itu Seven Summit indonesia maupun lainya, dan Gunung Merbabu mempunyai sendiri yang dapat di jangkau melalui jalur legend Thekelan yaitu Puncak Geger Sapi, Puncak Pemancar, Puncak Watu Gubug, Puncak Syarif, Puncak Ondo Rante, Puncak Kenteng Songo dan Puncak Triangulasi.
  3. Jalur Sinting: Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting cukup terkenal dengan jalur Sinting karena memiliki track yang panjang dan cukop terjal.
  4. Jembatan Setan: Untuk menuju puncak favorit yaitu Kenteng Songo bagi pendaki yang naik lewat Basecamp WekasThekelan dan Cuntel akan melewati medan batu yang curam yang bernama Jembatan Setan. 
  5. View 11 Gunung: Tampak Dari semua sisi Gunung Merbabu beberapa gunung berikut, Merapi, Lawu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sindoro, Kembang, Sumbing, Prau, Bismo, Slamet.

5 Basecamp Pendakian Gunung Merbabu

  1. Basecamp Selo: Berada di Dusun Genting Desa Taru Batang Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. basecamp ini berada di ketinggian sekitar 1.836 Mdpl menjadi jalur paling banyak di minati oleh pendaki Merbabu. untuk menuju ke sana berikut panduan Google Maps nya
  2. Basecamp Suwanting: berada di Dusun Suwanting Desa Banyuroto Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang berada di ketinggian sekitar1349 Mdpl. terkenal dengan sebutan jalur sinting, jika ingin menuju ke Suwanting bisa menggunakan panduan Google Maps
  3. Basecamp Wekas: Berada di Dusun Kedakan Desa Kenalan Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang berada di ketinggian kurang lebih 1781 Mdpl terkenal dengan jalur pendek dan memiliki sumber mata air. dan berikut panduan Google Maps nya
  4. Basecamp Thekelan: Berada di Dusun Thekelan Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semararng, berada di ketinggian kurang lebih 1847 Mdpl.Terkenal dengan jalur legend dan Seven Summit merbabu. arah kesana bisa klik Google Maps
  5. Basecamp Chuntel: yang merupakan Nama dusun di Desa Kopeng Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang berada di ketinggian sekiitar 1864 Mdpl.

Faslilitas Basecamp Merbabu

Basecamp Gunung Merbabu rata- rata menempati rumah penduduk akan tetapi semua fasilitas pendakian sudah tersedia. Berikut di antaranya:

  • Tempat Parkir: Dengan tata kelola yang berbeda-beda setiap Basecampnya
  • Tempat Simaksi: di Gunung Merbabu di lakukan secara online dengan menggunakan situs milik Taman Nasional dan di langsung transfer biayanya, begitu di Basecamp pada jam layanan tinggal menunjukan kode boking, akan tetapi setiap basecamp ada beberapa biaya tambahan yang harus di bayar yang kisaran jumlahnya bervariasi
  • Tempat Istirahat dan Ruang serbaguna dengan daya dukung kamar mandi dan toilet juga tempat charging alat elektronik
  • Warung/kantin
  • Outlet Rental peralatan pendakian
  • Outlet souvenir
  • Kebutuhan Jasa: Seiring berkembangnya wisata pendakian menumbuhkan beberapa usaha yang merupakan sektor penyangga seperti ojek, porterguide dan paket trip dengan beberapa pilihan baik harga maupun fasilitasnya.

Tips Mendaki Gunung Merbabu

  • Sebelum pendakian:
  1. Dapatkan informasi yang cukup dan terupdate baik cuaca maupun lainya. 
  2. Lakukan Boking online di situs taman Nasional Gunung Merbabu
  3. Pastikan perlengkepan komplit dan berfungsi dengan baik
  4. Persiapkan Mental dan fisik dengan Olahraga. serta 
  • Saat Pendakian:
  1. Patuhi semua peraturan yang di buat oleh Taman Nasional
  2. Hormati Kearifan lokal setempat
  3. Turut menjaga alam, dengan tidak merusak tumbuhan maupun mengusik apalagi menyakiti hewan dan menjaga kebersihan gunung.
  4. Bersikap baik dengan selalu menjaga kesopanan serta kekompakan tim dengan saling bantu dan menyemangati.
Demikian ulasan kami tentang Gunung Merbabu.

Salam Mlampah Salam Lestari

Posting Komentar

0 Komentar