Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Sindoro via Bedakah: Virgin Route

 

Porter Gunung Sindoro

 Gunung Sindoro Via Bedakah

Bedakah adalah nama sebuah dusun yang di jadikan nama salah satu Basecamp Gunung Sindoro, Jalur Bedakah ini di kenal dengan Jalur yang masih perawan, berada di Desa Tlogomulyo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Menjadi jalur yang memberikan bonus berupa kebun teh, selain Bc pendakikan Gunugn Sindoro di dusun Bedakah ini terdapat obyek lain berupa Telaga Bedakah.

  

Basecamp dan Fasilitas 

Fasilitas.

Secara umum fasilitas dasar keberadaan sebuah Basecamp di Bedakah sudah tersedia semuanya, seperti
  • Tempat registrasi
  • Ruang serba guna
  • Alat peraga petunjuk larangan dan peraturan
  • Kamar mandi
  • Kantin
  • Tempat parkir  
  • Sarana ibadah

Kondisi Medan dan Waktu Tempuh 

Keterangan Jalur dan Estimasi Waktu.

Basecamp - Pos 1

Variasi kebun teh dan ladang pertanian merupakan variasi jalur awal pendakian dengan melewati jalur makadam dengan kontur yang relatif landai dan tanjakan sedang, durasi waktu sekitar 60 Menit untuk smapai Pos bayangan . di track i nimjuga biksa menggunakan jasa ojek ,  . Dari  Pos Bayangan masuk ke Gerbang Hutan sekitar 15 menit.

Berjalan 10 menit dengan track yang masih relatif datar sampai di Cemara Lawang setelahnya akan melewati tumbuhan Glonggong (istilah lokal) yang menutup track dengan lubang di tengahnya seperti melewati goa,Dari Cemoro Lawang sampai pos 1 Kandang Tawon 15 Menit. 


Pos 1 - Pos 2

Dari pos 1 menuju Pos 2 pendakian Gunung Sindoro via Bedakah berjalan dengan melewati track tanah dengan tanjakan sedang, di jalur ini sudah banyak rumput yang menjuntai ke jalur jadi memang sesekali harus menyibakanya. . Pos 1 sampai Sabana 1 di tempuh 40 menit. di Sabana 1 jika musim penghujan Sobat Mlampah akan mendapat bonus view air terjun. Berjalan 15 menit dari Sabana 1  akan di sambut Tanjakan Singsrong yaitu sebutan untuk tanjakan yang cukup ekstrim.
Tanjakanya yang curam kebanyakan pendaki sampai berpegangan tali untuk melaluinya.

Dari Tanjakan Singsrong menuju  Pos 2 (Watu Pandang) di tempuh dengan waktu 20 menit.


Pos 2 - Pos 3

Jalur berupa tanah dengan kontur yang menanjak menjadi bagian perjalanan Pos 2 - Pos 3 Wulunggana. Estimasi waktu tempuhnya  60 Menit. 


Pos 3 - Pos 4

Lanjut  Perjalanan Pos 3 - Pos 4 di awali perjalanan menuju sabana 2 yang menjadi tempat Caamp pendakian Gunung Sindoro Via Bedakah yang di tempuh dalam waktu 30 Menit.

  Pendakian ke puncak di awali dari camp area menuju Taman Kahyangan dengan track yang mulai menanjak dan di tempuh selama 30 menit Selanjutnya dari Taman Kahyangan menuju Pos 4 Kayu Emprit di tempuh dengan durasi 60 menit.


Pos 4 - Puncak

Rute dari Pos 4 menuju puncak melewati track yang menanjak, sekitar 45 menit dari Pos 4 Sobat akan melalui satu area yang disebut hutan mati, baru 15 menit kemudian sampai di puncak pertama yaitu Watu Pecah. 

Berjalan 5 menit dari Watu Pecah akan sampai di Puncak Latar Ombo, Puncak Latar Ombo merupakan puncak yang berada di tepi kawah Gunung Sindoro.

Total waktu perjalanan dari Basecamp Bedakah sampai Puncak Sindoro 7 Jam.

Suguhan Puncak Sindoro berupa Segara Pasir, Kawah dan kalderanya , juga pemandangan gunung yang ada di semua sisi baik timur, utara, selatan maupun barat. Gunung Sumbing, Kembang, Merbabu, Merapi, Lawu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Prau, Bismo, Pakuwojo dan Gunung Slamet.

Bedakah adalah bagian dari Gunung Sindoro yang indah. Selamat mendaki

Salam Mlampah Salam Lestari

Jika Sobat Mlampah membutuhkan informasi jasa penunjang pendakian Gunung Sindoro. 
Silakan baca :

>.Private Trip Premium Class
>.Private Trip Medium Class
>.Private Trip Tektok
>.Open Trip Gunung Sindoro.
>.Porter Gunung Sindoro.
>.Guide Gunung Sindoro.



Posting Komentar

0 Komentar