Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Sindoro via Bansari Temanggung: Jalur 6 Pos

 Pendakian Gunung Sindoro Jalur Bansari


Basecamp Bansari Temanggung.

Gunung Sindoro memiliki puncak dengan ketinggian 3153 Mdpl dengan pesona pemandangan alam yang memukau menjadikan Gunung Sindoro magnet di wisata pendakian. Gunung Sindoro memiliki tipe strato merupakan gunung yang berbentuk kerucut. 

Basecamp Bansari berada di ketinggian 1.071 MDPL sementara Puncak sindoro di 3153 MDPL yang artinya ada selisih elevasi 2.082 Meter. itulah perjalanan yang akan di lalui pendaki Gunung Sindoro via Bansari.

Bansari yang berada di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah menjadi salah satu pintu masuk selain 8 Basecamp pendakian Gunung Sindoro lainya. Bansari berada di Desa Bansari Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. 

Gunung Sindoro terletak di Jawa Tengah tepatnya berada di 2 Kabupaten yaitu Temanggung dan Wonosobo. berikut beberapa jalur pendakian Sindoro

Pos pendakian yang ada di kabupaten wonosobo :

  • Basecamp Ndoro Arum
  • Basecamp Alang Sewu.
  • Basecamp Sigedang.
  • Basecamp Sikatotk.
  • Basecamp Bedakah.
  • Basecamp Watu Lunyu

Sementara yang ada di Kabupaten Temanggung :

  • Basecamp Kledung.
  • Basecamp Bansari.

Sobat Mlampah kali ini kami akan mengulas tentang Basecamp Bansari

Sarana.

Ketersediaan sarana yang di butuhkan oleh pendaki sebelum dan setelah melakukan  pendakian merupakan hal penting yang sudah tersedia di Basecamp  Sindoro via Bansari, Berikut sarana yang tersedia

  • Ruang serba guna
  • Kamar mandi
  • Kantin
  • Tempat parkir
  • Tempat Registrasi
  •  Mushola
  • Tempat sampah
  • Kebutuhan jasa 

Baca juga :

  • Porter Gunung Sindoro.
  • Guide Gunung Sindoro.

Pendakian : Kondisi Track dan Estimasi Waktu.

Sebeluum pendakian selain mempersiapkan peralatan yang memadai juga memenuhi standar savety dan logistik yang cukup, Registrasi adalah hal yang wajib di lakukan juga. seletah semua selesai baru melakukan pendakian.

Berikut keterangan jalur dari Basecamp Bansari sampai Puncak Sindoro.

Basecamp - Pos 1.

Jalan makadam (batu yang tertata rapi) dengan panjang sekitar 3 Km adalah permulaan track, cenderung menanjak dengan kanan kiri ladang petani. Perkiraan waktu tempuh 1,5 - 2 Jam dengan jalan kaki. Basecamp-Pos 1 juga bisa menggunakan ojek atau mobil pick up. . Sampailah sobat Mlampah di Pos 1 yang bernama Sidempul yang berada di ketinggian 1.576 MDPL.

Pos 1 - Pos 2.

Dengan perkiraan waktu tempuh sekitar  1,5 Jam Route dari Pos 1 Menuju Pos 2 Gunung Sindoro via Bansari ini berawal dengan track yang masih cukup landai sampai sabrangan anak sungai, track di dominasi tanah liat jadi cukup licin jika pendakian di lakukan saat musim penghujan vegetasi masih tertutup di antara pohon Akasia dan Hutan Perdu serta berbagai jenis tumbuhan Endemik. Pos 2 ini bernana Turunan berada di ketinggian 1886 MDPL. Namanya memang turunan akan tetapi tracknya menanjak bahkan di sebagaian Spot ada yag menyebut Tanjakan Setan.

Pos 2 - Pos 3.

Durasi tracking Pos 2 - Pos 3 sekitar 1 Jam vegetasi dan track masih sama dengan sebelumnya  Pos 3 bernama Tunggangan berada di ketinggian 2.171 MDPL. Terdapat shelter buat Istirahat selain itu Terdapat mata air di sekitar pos 3 yang berjarak kurang lebih 100 meter. Akan tetapi jika hujan turun tidak boleh mengambil air karena berada di aliran sungai yang cukup deras untuk alasan keselamatan.


Pos 3 - Pos 4.

Bukit Soma adalah nama dari Pos 4 yang berada di ketinggian 2.171 MPDL medan masih berimbang dengan sebelumnya waktu tempuh sekitar 1 Jam

Pos 4 - Pos 5

Pos 5  menjadi tempat mendirikan tenda di jalur pendakian Sindoro via Bansari, akar tumbuhan dan tanah hitam dalah medan yang di lalui, jika cuaca cerah sekitar Pos 5 dapat di jadikan spot sunset dan sunrise, dari pos 4 waktu tempuh sekitar 2 jam, berada di ketinggian 2.314 MDPL. Pos 5 bernama Mlelan.

Pos 5 - Pos 6.

Berawal pepohonan Lamtoro dan di lanjutkan Vegetasi berupa rerumputan dan berhias bunga edelweiss di kanan kiri jalur merupakan medan dari Pos 5 - Pos 6. Pos 6 bernama Centhong dengan ketinggian 3.050 MDPL.

Pos 6 - Puncak.

Estimasi Tempuh sekkitar 30 Menit melewati medan pendakian berupa batu kerikil dan tanah padat Pos 6 menuju Puncak melewati vegetasi terbuka dan sering Sobat jumpai pohon Cantigi dan Bunga Edelweiis sebagai tumbuhan khas puncak gunung.


Hingga akhirnya Sobat akan sampai di Puncak Gunung Sindoro dengan ketinggian 3153 MDPL merupakan puncak tertinggi ke 3 di Jawa Tengah setelah Gunung Slamet dan Sumbing.

Puncak Gunung Sindoro luas dan hampir  keseluruanya dapat di eksplor oleh para pendaki berupoa tenoat-tempat seperti Kawah Sindoro, Segara Wedi (Lautan Pasir) dan beberapa puncak dari 7 Pos Pendakian Gunung Sindoro. Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Lawu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Prau, Bismo, Pakuwojo dan Gunung Slamet merupakan bonus view dari arah Timur dan Barat.

Bansari adalah pilihan yang patut Sobat coba saat mendaki Gunung Sindoro.

Salam Mlampah Salam Lestari

Jika Sobat Mlampah menghendaki pendakikan tanpa ribet. Silakan baca :
>.Private Trip Premium Class
>.Private Trip Medium Class
>.Private Trip Tektok
>.Open Trip Gunung Sindoro.





Posting Komentar

0 Komentar