Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Sindoro via Ndoro Arum Jalur Naganya Gunung Sindoro

 

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro Jalur Ndoro Arum.

Basecamp pendakian Gunung Sindoro via Ndoro Arum berada di Dusun Banaran Kayugiyang Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo. Keberadaan Bukit Arum dan Gunung Sindoro menjadi landasan penamaan Basecamp tersebut, walaupun selain Bukit Arum ada beberapa bukit lain yang terlihat . Kalau dari posisi dusan Banaran kita akan melihat Gunung Sindoro, Bukit Igir Pundak, Bukit Arum dan Gunung Kembang secara sejajar. 

Bacecamp Ndoro Arum berjarak sekitar 18 Km dari Kota Wonosobo yang merupalan kota terdekat . Dari Terminal Mendolo sekitar 30 menit bisa menggunakan ojek atau charter kendaraan. Berjarak kurang lebih 12 KM.

Basecamp Ndoro Arum tempatnya relatif kecil di banding dengan Basecamp lainnya, meski demikian tetap tersedia tempat istirahat, kamar mandi, tempat parkir dan sarana lain yang di perlukan oleh pendaki.

Selain peraturan pendakian pada umumnya Ndoro Arum memiliki keunikan yaitu sebuah larangan membawa daging baik mentah maupun matang, peraturan tersebut berdasarkan kearifan lokal di sana.

Biaya registrasi 30.000 dan biaya parkir Roda 2 Rp.10.000 dan Roda 4 Rp.25.000, -

Jalur Pendakian Sindoro Via Ndoro Arum.

Estimasi Waktu dan Kondisi Track

Basecamp - Pos 1

Komoditas pertanian warga lokal yang terbentang menjadi pemandangan saat pendaki mulai berjalan dari Basecamp menuju Pos 1 dengan melewati jalan makadam. Di sana Sobat akan mendapati tanaman jagung kentang daun bawang dan lain lain. Karena memang tanaman petani di lereng pegunungan itu komoditas sayur sayuran.  Di musim tertentu juga akan mendapati tanaman tembakau. Dari Basecamp menuju Pos 1  Berjarak sekitar 1,8  Km dengan durasi tempuh sekitar 1 Jam, Akan tetapi Sobat dapat mempersingkatnya dengan naik ojek. Pos 1 bernama Ngrata, Di sisni sobat akan mendapati pohon pinus di lahan yang cukup luas bisa juga untuk camping ceria Lereng Sindoro atau sekedar main hammock.

Pos 1 - Pos 2

Track berikutnya , dari Pos 1 Ngrata menuju Pos 2 Kayu Sawa. yang berjarak kurang lebih 1,5 KM. Pohon pinus serta jalur yang masih cukup landai menjadi ekosistem yang akan di dapati saat melaluinya Berjalan sekitar 20 menit sobat Mlampah akan bertemu Pos Bayangan yang bernama Taman Ageng. 

Dari taman Ageng Sobat akan melalui track yang sangat ikonik di jalur Ndoro Arum ini berupa jalur sempit yang berada di kanan kiri jurang, tempat ini di beri nama Jalur Naga. 

Memang sekilas seperti lewat punggung Naga kalau di lihat dari kontur tracknya. setelahnya akan melewati tanjakan yang penuh kayu dan Sobat Mlampah akan sampai di pos 2. Estimasi waktu tempuh 1,5 Jam.

Pos 2 - Pos 3.

Selanjutnya, dari Pos 2 yang bernama Kayu Sawa menuju Pos 3 Watu Putih. Spot yang bernama Tanjakan Mrongkol akan di dapati setelah beberapa menit berjalan dari Pos 2

Setelah Tanjakan Mrongkol ada sedikit bonus berupa jalan datar selanjutnya sampai di Pos Bayangan 3, tempat ini bisa untuk membuat camp, walaupun tidak terlalu luas dan tidak dapat view  karena lokasinya berada di antara rerimbunan pohon, tapi cukup terlindung dari terpaan badai jika terjadi badai. dari Pos Bayangan 3 menuju Pos 3 Watu Putih sobat Mlampah dapat menempuh perjalanan sekitar  1 Jam dengan jarak kurang lebih 0,8 KM.

Pos 3 - Pos 4. 

Lanjut pendakian Sindoro via Ndoro Arum Dari Pos 3 Watu Putih menuju Pos 4 Uci-uci, jalur berupa vegetasi terbuka dan track yang menanjak panjang, melalui Pos Bayangan 4 yang terdapat tempat mendirikan tenda juga. Tanjakan Mertua Galak menjadi salah satu nama tempat sebelum mencapai pos 4. 
40 menit Dari situ sampailah di Pos 4. Durasi tempuh Pos 3 - Pos 4 sekitar 1,5 Jam dengan jarak kurang lebih 0,6 KM.


Pos 4 - Puncak.

Vegetasi terbuka dan tanjakan adalah track yang mendominasi Dari pos 4 Menuju Puncak, bahkan di beberapa spot terdapat tali untuk pegangan agar memudahkan melewati track tersebut. Setelah berjalan 1,5 jam dari pos 4 sobat Mlampah akan sampai di Puncak Sindoro. Begitu sampai puncak dari jalur Ndoro Arum ini Sobat akan mendapati tempat yang orang lokal menyebutnya Petilasan Kyai Santri. Total waktu Tempuh Kurang lebih 6,5 Jam. ( waktu tersebut hanyalah perkiraan, kondisi stamina dan cuaca juga menjadi faktor penentu juga ).

Dan setelah nya sobat bisa explore Puncak Sindoro dengan melewati beberapa spot, seperti Segara Wedi (lautan pasir) melihat kaldera serta kawah Sindoro juga gunung-gunung di Jawa Tengah yang hampir semuanya kelihatan dari puncak Sindoro 3153 MDPL, Seperti Gunung Lawu, Merbabu, Merapi, Andong, Telomoyo, Ungaran, Prau, Slamet dan beberapa Gunung serta bukit lainya.

Gunung Sindoro

Demikian tulisan kami tentang jalur pendajuian Gunung Sindoro via Ndoro Arum

Salam Mlampah Salam Lestari

Berikut informasi layanan jasa pendakian Gunung Sindoro. Silakan baca :

>.Private Trip Premium Class
>.Private Trip Medium Class
>.Private Trip Tektok
>.Open Trip Gunung Sindoro.
>.Porter Gunung Sindoro.
>.Guide Gunung Sindoro.







Posting Komentar

0 Komentar