Hot Posts

6/recent/ticker-posts

Porter Gunung Merbabu - Pendakian Jadi Ringan dan Seru

 

 Porter Gunung Merbabu

Informasi dan layanan jasa porter Gunung Merbabu via Basecamp Selo, Suwanting, Wekas, Thekelan, Chuntel. Harga terjangkau pelayanan memukau. Hub. kami

Gunung Merbabu menjadi salah satu gunung favorit di bidang pendakian, mendaki Gunung Merbabu merupakan salah satu daftar wajib bagi sebagian pendaki. dengan daya tarik berupa bentang Sabana yang menghijau dan pemandangan indah.

Meningkatnya jumlah orang yang ingin mendaki Gunung Merbabu berbanding lurus dengan meningkatnya permintaan jasa yang memudahkan pendakian baik dari jasa porter, jasa guide, jasa transportasi sampai dengan jasa paket pendakian. Salah satu jasa yang memudahkan pendakian adalah jasa pramu antar.

Pramu antar adalah orang yang bekerja mengantarkan barang milik orang lain, pramu antar dalam bahasa inggris di sebut porter.

Jasa pramu antar atau lebih familiar di sebut porter ada di sebagian besar tempat aktifitas manusia seperti Bandara, Stasiun Kereta, Terminal, Dermaga dan tempat lain dimana orang membutuhkan jasa angkut barang.

Porter Gunung

Selain di tempat yang sudah di sebutkan di atas ada jasa porter yang spesial yaitu jasa porter gunung.

Porter gunung merupakan pramu antar yang membawakan barang pendaki dari basecamp sampai tempat camping. Selain itu porter juga sering kali menjadi helper yang memasangkan tenda memasak bahkan porter bisa di minta menjadi guide yang menemani ke puncak.

 Porter gunung adalah orang yang seringkali memiliki banyak keahlian dari membawa barang menyiapkan kebutuhan camping memasak bahkan sesekali bisa membantu pengambilan dokumentasi.

Porter Gunung Merbabu

Porter gunung merbabu dalah orang yang bekerja membawakan barang mulai dari Basecamp sampai dengan area camping di Gunung Merbabu.

Porter bekerja sesuai kebutuhan Anda berdasarkan kontrak kerja atau permintaan. dan berikut pembagianya.

3 Jenis Porter Gunung Merbabu

1. Porter Naik (Drop)

 Kontrak porter drop adalah mengantar barang ke lokasi yang sudah di tentukan, namun sebagian porter drop membantu mendirikan tenda. Contoh untuk pendakian Gunung Merbabu via Selo biasanya porter mengantar barang sampai Pos 4 atau Sabana Satu. setelah selesai pekerjaan berupa serah terima lalu porter turun kembali ke Basecamp.

2. Porter Menginap (Stay)

Porter menginap memiliki banyak tugas diantaranya mendirikan tenda, memasak dan menyajikan. biasanya porter akan menempatkan tenda di tempat paling aman dan nyaman karena tenda selain buat tempat berteduh juga berfungsi sebagai tempat istirahat.oleh karena itu selain aman dari bahaya juga harus nyaman untuk istirahat. biasanya porter akan menempatkan tenda di tempat yang aman dari angin juga berusaha memilih tempat yang datar agar nyaman buat istirahat.

Selain memasak dan melayani pendaki porter menginap menjaga tenda dan barang lainya saat ditinggal ke puncak.

   3. Porter Plus Summit

Selain memasak dan menyiapkan tenda porter jenis ini juga menemani Summit yang biasanya di mulai dini hari. khususnya Gunung Merbabu kebanyakan pendaki memulai perjalanan menuju puncak/summit atack mulai jam 3 dini hari namun yang terbanyak mulai summit jam 4 dini hari. dengan adanya porter yang menemani ke puncak anda tidak perlu khawatir tesesat ataupun tertinggal dari orang lain karena porter yang menemani akan tetap mendampingi.

Keuntungan Menggunakan Jasa Porter

Mudah

Karena selain sesuai job desk nya yaitu membawa barang, porter juga bisa membantu hal hal yang Anda perlukan, Andapun akan mendapat banyak kemudahan dengan adanya porter. 

Ringan

Memang sudah menjadi tugas utama Porter untuk membawa barang bawaan Anda baik berupa peralatan maupun makanan (logistik). hal tersebut sangat meringankan pendakian

Mandiri

Porter dengan 3 (tiga) pilihan layanan jasanya memiliki perlatan kerja yang sesuai kontraknya selain tas besar untuk membawa barang juga memiliki juga tenda untuk menginap juga kelengkapan lain seperti matras, slepping bag, headlamp dan lain-lain. sehingga pengguna jasa porter akan nyaman porternya juga nyaman dalam melayani.

5 Pos Pendakian yang Menjadi Tempat Pelayanan Porter

Anda berminat mendaki dari Pos Pendakian mana? Dari situlah Porter siap melayani Anda. berikut 5 Basecamp resmi pendakian Gunung Merbabu

Demikiaan ulasan tentang porter Gunung Merbabu berikutnya kami sampaikan harga jasa porter Gunung Merbabu.

Harga Porter Gunung Merbabu

Gunung Merbabu memang memiliki lanskap track yang sangat berbeda baik jaraknya maupun tingkat kesulitanya, hal tersebut yang mempengaruhi perbedaan tarif porter dari setiap Basecampnya

Harga Porter Gunung Merbabu via Selo

Porter Drop (Naik)Rp.500.000
Porter Menginap (Stay)Rp.800.000
Porter Muncak (Summmit)Rp.950.000


Harga Porter Gunung Merbabu via Suwanting

Porter Drop (Naik)Rp.550.000
Porter Menginap (Stay)Rp.950.000
Porter Muncak (Summmit)Rp.1.050.000

Harga Porter Gunung Merbabu via Wekas

Porter Drop (Naik)Rp.500.000
Porter Menginap (Stay)Rp.800.000
Porter Muncak (Summmit)Rp.950.000

Harga Porter Gunung Merbabu via Thekelan

Porter Drop (Naik)Rp.550.000
Porter Menginap (Stay)Rp.950.000
Porter Muncak (Summmit)Rp.1.050.000

Harga Porter Gunung Merbabu via Cuntel

Porter Drop (Naik)Rp.550.000
Porter Menginap (Stay)Rp.950.000
Porter Muncak (Summmit)Rp.1.050.000


Beban Maksimal dan Perbandingan Peserta untuk Kebutuhan Porter 

1. Beban Maksimal

  Beban maksimal bawaan satu orang porter adalah 20 kg, yang terdiri dari berbagai kebutuhan pendakian baik itu peralatan maupun logistik, beban tersebut hanya menghitung barang bawaan Anda saja, tidak termasuk peralatan porter itu sendiri.

2. Rasio Kebutuhan Porter

PesertaTendaAirLogistik dan Alat MasakMatras dan SBTotal
2 Org4 Kg6 L8 Kg4 Kg22 Kg
3 Org4 Kg9 L11 Kg6 Kg30 Kg
4 Org8 Kg12 L15 Kg8 Kg43 Kg
5 Org8 Kg15 L19 Kg10 Kg52 kg
6 Org8 Kg18 L22 Kg12 Kg66 Kg
7 Org12 Kg21 L25 Kg14 Kg72 Kg
8 Org12 Kg24 L29 Kg16 Kg81 Kg
9 Org12 Kg27 L32 Kg18 Kg89 Kg
10 0rg16 Kg30 L35 Kg20 Kg101 Kg

Table ini hanya perkiraan kebutuhan standar pendakian untuk gunung dengan ketinggian 3000 mdpl atau lebih termasuk Gunung Merbabu atau gunung dengan durasi pendakian 7 Jam lebih, belum menghitung kebutuhan pribadi seperti baju ganti, snack tambahan dan semacamnya juga kebutuhan tambahan seperti kursi, tenda toilet dan lain- lain.

INFO dan BOKING
Nur Rohmat






Posting Komentar

0 Komentar