Hot Posts

6/recent/ticker-posts

3 Jenis Peralatan Mendaki


Peralatan Mendaki Gunung

Peralatan adalah bagian penting saat melakukan pendakian karena mendaki gunung adalah kegiatan outdoor yang membutuhkan persiapan yang baik. 

Hal hal yang di siapkan sebelum naik gunung di antaranya mulai perencanaan, peralatan, logistik, sampai persiapa fisik.

Nama Jenis dan Kegunaan Peralatan Gunung

Dalam mempersiapkan peralatan ada beberapa hal yang mesti menjadi perhatian, di antaranya:

  • Jumlah: Peralatan harus di sesuaikan dengan jumlah orang dalam satu tim pendakian karena jika kurang bisa berakibat kurang baik bahkan fatal.
  • kondisi: Pastikan peralatan dapat berfungsi dengan baik.

Ketika jumlahnya tepat dan kondisi baik peralatan pendakian tersebut bisa jadi tepat jumlah dan tepat guna.

Selain itu peralatan juga di bagi berdasarkan penggunaanya:

Peralatan Pribadi

Peralatan ini sering di sebut juga personal equipment yaitu peralatan yang harus di bawa atau cara penggunaanya secara individual (satu orang satu peralatan). Jenis ini juga di bagi menjadi dua bagian berdasarkan waktu pemakianya. berikut rincianya:

  • Dipakai saat proses mendaki: yang di pakai saat mendaki atau yang lebih di kenal dengan sebutan Worn item, Berikut uraianya:
  1. Celana: Baiknya yang berbahan lentur agar memudahkan saat bergerak dan cepat kering atau quick dry lebih di rekomendasikan celana panjang untuk lebih melindungi dari rerumputan saat di medan pendakian.
  2. Kaos/Baju lengan panjang: Sama seperti celana baju/kaos memakai yang lengan panjang untuk proteksi dan berbahan lentur juga quick dry.
  3. Sepatu: Pilihlah sepatu yang sesuai medan, lebih aman yang sampai menutupi mata kaki dan bertapak vibram atau yang bisa berfungsi dengan baik di medan tanah dan batu. 
  4. Kaos kaki: Gunakan yang berbahan lembut agar nyaman untuk kaki.
  5. Topi: Berguna untuk melindungi kepala dari panas maupun hujan.
  6. Tas/Carierbag: Bawalah tas yang muat untuk membawa peralatan dan pakaian ganti termasuk juga logistik, dan jangan lupa rain covernya.
  7. Rain coat/Ponco: Kita tidak tahu kapan hunjan datang, jadinya lebih baik di siapkan saja Rain Coatnya agar aman ketika terjadi hujan.
  8. Tracking Pol: Peralatan ini juga familiar di sebut tongkat berguna untuk mengurangi beban kaki dengan menjadikan tangan sebagai tumpuan lewat media tracking pol ini.
  • Di pakai saat kondisi statis: Dalam Kondisi ini di perluukan peralatan yang mempunyai daya insulasi atau perlindungan dari suhu dingin. alat ini di antaranya:

  1. Slepping bag: Kantung tidur sebagai pengganti selimut untuk menghangatkan badan ketika tidur.
  2. Jaket: Di rekomomendasikan menggunakan yang berbahan bulu angsa karena lebih hangat untuk menjaga stabilitas suhu badan.
  3. Pakaian Ganti: Ketika sampai di sunrise camp di anjurkan untuk mengganti pakaian yang perlu di siapkan antara lain underware, celana, baju, kupluk, buff, sarung tangan, dan kaos kaki
  4. Matras: Meskipun sudah di dalam tenda masih di perlukan alas agar dingin yang berasal dari bawah tidak tembus ke badan, lebih di rekomendasikan yang berbahan alumunium foil lebih bagus lagi jika menggunakan matras tiup.
  5.  Elektronik: Peralatan elektronik terdiri dari senter atau headlamp, batre cadangan, handphone, dan powerbank.
Perlu diingat, Sleping Bag, Jaket dan pakaian ganti ini harus dalam keadaan kering, packingnya pun harus benar-benar aman agar ketika hujan tidak ikut basah dengan cara di bungkus plastik dahulu sebelum di masukan tas.

Peralatan Tim

 Team equipment adalah peralatan yang bisa di pakai secara shearing (satu peralatan di pakai bersama), berikut diantaranya:

  1. Tenda: Bawalah Tenda yang kuat ketika ada angin dan tidak rembes ketika terjadi hujan, dan sesuaikan kapasitasnya dengan jumlah orangnya, jangan sampai terlalu berdesakan.
  2. Flyshet: Layer multi fungsi yang bisa di gunakan untuk menambah layer tenda sebagai double protection dan bisa di gunakan sebagai atap dapur juga keperluan lain yang membutuhkan tempet berteduh, jangan lupa flyshet ini membutuhkan peralatan tambahn berupa tali.
  3. Alat Masak dan Alat Dapur: Terdiri dari Pisau, Kompor, Gas, Nesting/Alat masak lainya, bawalah yang portable untuk memperingkas saat di bawa dan meringankan beban
  4. Alat makan dan minum: Sesuiakan peralatan makan dengan menu yang di bawa utamanya adalah Sendok, piring/mangkok, gelas
  5. Sekop Mini: Di gunakan untuk menggali tanah ketika buang air besar agar setelah selesai di timbun kembali dan tidak memperlihatkan bekasnya.
  6. P3K: Sesuaikan isi kotak p3k dengan kebutuhan saat mendaki, jangan lupa sisipkan selimut darurat (emergency blanket).
  7. Repair Kit: Repair kit berisi alat jahit berupa benang dan jarum dan lakban atau Isolasi. Alat ini sebagai antisipasi jika ada tas yang sobek, frame batah dan adakebocoran di layer tenda.
  8. Kantong sampah: sampah gunung biasanya di dominasi oleh bekas pembungkus logistik untuk memudahkan dalam mengkondisikan dan membawa turun kembali memakai kantong sampah khusus.
  9. Alat Dokumentasi Khusus: Dalam satu tim kadang membawa alat dokmentasi berupa drone, jangan lupa tanyakan terlebih dahulu karena tidan semua gunung mengijinkan pengoprasian drone.

Peralatan di atas adalah yang di gunakan untuk standar savety dasar bukan pendakian dengan tujuan khusus seperti membuka jalur pendakian atau peralatan Clambing di medan batu

Peralatan Tambahan

Seiring berkembangnya jaman peralatan mendaki selain yang wajib memenuhi standar savety juga ada barang atau peralatan tambahan untuk menambah kenyamanan, berikut diantaranya:

  1. Tenda Toilet: Tenda ini nerukuran kecil dan tinggi yang bertujuan untuk tirai saat buang air,biasanya di buatkan lubang di tengah tengahnya.
  2. Meja kursi: Sambil minum sambil duduk menikmati pemandangan, mungkin di antara keguanaan meja kursi di gunung selain tempat istirahat dan bercengkrama bersama teman atau keluarga. 
  3. Bantal: tentunya menambah kenyamanan saat tidur.
  4. Sendal camp: Saat di area camp memang sering melakukan pergerakan kecil dan sandal bisa mempermudahnhya
  5. Lampu hias: biasanya di pasang memanjang dengan tenaga supaly berupa baterai atau powerbank untuk lebih menghidupkan suasana malam saat di gunung

Demikian ulasan tentang peralatan pendakian mudah-mudahan bermanfaat.


More Info

Porter Gunung Merbabu

Guide Gunung Merbabu

Paket Trip Merbabu Eksecutif Class

Paket Trip Merbabu Busines Class

Posting Komentar

0 Komentar